Manajemen waktu

 

Mensiasati keterbatasan waktu dengan cara menjalankan beberapa aktifitas didalam satu waktu yang sama.

Aktifitas, kebutuhan & tuntutan hidup, serta tujuan yang hendak diraih oleh manusia sangatlah banyak, akan tetapi waktu yang tersedia sangatlah terbatas dan seakan berputar sangat cepat.
Oleh karenanya, agar tidak terus tertinggal dari yang lain dan agar tidak tergerus oleh zaman, maka ada baiknya kita bercermin dari kisah para ulama terdahulu yang sampai saat ini nama mereka masih harum mengenai bagaimana mereka mensiasati keterbatasan waktu yang mereka miliki.

Bagaimana seorang Khatib Al-Baghdadi (seorang ulama hadist) jika ia berjalan, pasti ditangannya ada sebuah buku yang dibacanya. Bagaimana Sulaim Ar-Razi (Wafat : 447 H) selalu mengisi waktu-waktunya dengan pekerjaan yang bermanfaat. Berkata Abu Farj Al-Isfirayini :”Saya pernah diceritakan oleh Muammil bin Hasan bahwa pada suatu hari ia melihat pena Sulaim Ar-Razi rusak dan tumpul, ketika ia memperbaiki penanya tersebut terlihat ia menggerak-gerakkan mulutnya, setelah diselidiki ternyata dia membaca Al Qur’an di sela-sela memperbaiki penanya, agar tidak terbuang begitu saja waktunya dengan sia-sia”. Bagaimana Abu Al-Wafa’ Ibnu `Uqail Al-Hambali yang menyingkat waktu makan dengan memilih makanan yang praktis, beliau bisa memanfaat perbedaan waktu makan roti kering dengan roti yang diberi air, untuk membaca 50 ayat Al-Qur’an. Bagaimana Abul Barakat (kakek Ibnu Taimiyah) jika ia masuk kamar mandi/WC, ia menyuruh saudaranya untuk membacakan sebuah buku dengan suara keras agar dia bisa mendengarnya. (dari makala ummu Yasir)

Bersemangatlah Insya Alloh kitapun bisa,,,,

dan ingat kita sedang bersaing dengan ajal

Dalam persaingan ini semoga kita yang menang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s